Skip to main content

Musim Penghujan, Laundry 88 Kebanjiran Order


SUMENEP - Sejak awal musim penghujan 2011 ini, Laundry 88 Sumenep yang beralamat di Jalan KH. A. Sajad 30, Bangselok kebanjiran order. Bila pada hari-hari biasa hanya mengerjakan sekitar 100 kg setiap hari, sejak musim penghujan naik hingga 300 kg setiap hari. Tak ayal, jika satu-satunya laundry di Madura yang menerima layanan Dry Clean tersebut, harus menambah karyawan hingga 8 orang.

"Kenaikan jumlah pengguna jasa laundry sejak awal musim penghujan ini luar biasa. Setiap hari berkisar antara 250 kg - sampai 300 kg," kata Moh Hartono, Direktur Laundry 88 Sumenep, Sabtu (3/12/2011).

Dia menjelaskan, para pengguna jasa laundry rata-rata dari kalangan yang sibuk dan tidak mempunyai pembantu di rumah. Mayoritas pelanggan dari rumah tangga yang mencapai 55 persen. Sisanya dari karyawan swasta dan kaum profesional serta orderan dari perkantoran.

Untuk pelanggan yang mengambil paket murah bulanan, mayoritas dari kaum profesional, semisal dokter dan pegawai bank. "Pelanggan dari kaum profesinal lebih banyak ambil layanan ekspress atau 4 jam selesai," terangnya.

Para pelanggan Laundry 88, kata dia, banyak yang mengambil paket reguler yakni 2 hari selesai dengan harga Rp3.500 per kg. Peringkat kedua layanan satu hari selesai dengan menambah biaya 40 persen. "Kalau yang 4 jam selesai harganya dua kali lipat dari harga reguler," ujarnya.

Sedangkan layanan Dry Clean dan cucian jenis tertentu, seperti bantal, boneka, jas, sutra, selimut dan  suprey dan sejenisnya, harganya dihitung satuan. "Harga Dry Clean dan yang dihitung harga satuan, tujuannya soal keselamatan baju-baju dan jaminan kebersihan," ungkapnya.

Para pelanggan juga diberi kebebasan menyampaikan masalah yang dialami. Bila ada hal yang dinilai mengganggu atau tidak nyaman dengan hasil kerja karyawan Laundry 88, akan mendapat konpensasi yang setimpal. "Semuanya akan dilayani dengan nyaman dan bertanggungjawab serta keamanan pada cuciannya. Bahkan, akan mendapat potongan 10 persen bagi pelanggan reguler bila tidak tepat waktu dalam penyelesaian," ujarnya.

Saat ini, kata dia, setiap pelanggan yang mencuci-setrika 5 kg, akan mendapatkan kupon undian. Hadiahnya cukup besar yakni berupa TV, Kompor gas, Radio, Kipas Angin dan seabrek hadiah lainnya. "Undian bakal dilaksanakan, 25 Desember 2011 mendatang," pungkasnya.

Comments